Selasa, 27 Januari 2009

SAVE PALESTINE = SAVE INDONESIA



SAVE PALESTINE = SAVE INDONESIA

Palestina tepat berada di bagian Tengah Peta Dunia yaitu : di daerah timur tengah. Palestina merupakan Negara yang berada di antara 3 benua yaitu benua Asia, benua Afrika, benua Eropa. Palestina berada di bagian barat benua Asia, yang membentang antara garis lintang meridian 15 – 34 dan 40 – 35 kearah timur dan antara garis lintang meridian 30 – 29 dan 15 – 33 ke arah utara. Nama “ Palestina “ merupakan nama untuk mengidentifikasi wilayah barat daya negeri – negeri Syam.

Batas – batas wilayah Palestina :

Palestina berbatasan dengan :

Libanon di sebelah utara

Syria ( Suriah ) di bagian timur laut

Yordania di bagian timur

Mesir di sebelah selatan

Luas wilayah palestina berdasarkan batas – batas yang berlaku sekarang : 27.009 km. lokasi palestina yang strategis menjadikan palestina sebagai pintu masuk manusia dan perdagangan sejak zaman dahulu kala.

Wilayah palestina merupakan salah satu wilayah yang memiliki kebudayaan tertua di dunia. Sebab palestina merupakan wilayah pertama di dunia yang mengalami transformasi kehidupan. Pada tahun 9000 SM, penduduk palestina telah mengenal bercocok tanam, bertani dan kehidupan menetap. Palestina merupakan Oase berbagai peradaban besar manusia hingga masa sekarang ini

Penduduk Palestina

Tanah palestina di sebut juga dengan tanah Kan’an. Hal tersebut di karenakan bangsa kan’an merupakan bangsa tertua yang mendiami wilayah palestina. Bangsa kan’an berasal dari semenanjung Arab ( sekitar tahun 4500 tahun yang lalu atau sekitar 2500 SM ) yang kemudian berpindah ke palestina. Bangsa – bangsa yang mendiami wilayah palestina saat ini adalah bangsa kan’an, dan bangsa – bangsa mediterania timur yaitu : Filistin dan suku – suku arab.

Kekuasaan islam di Palestina

Pada saat islam di kuasai oleh pemerintah – pemerintah islam, banyak penduduk palestina yang mengadopsi kultur dan budaya arab dan sebagian besar dari mereka menjadi muslim, meskipun demikian umat beragama lain seperti : Kristen dan Yahudi tetap tinggal di wilayah Palestina dengan damai dan mendapatkan perlindungan dari pemerintah islam.

Kekuasaan Yahudi di Palestina

Identitas islam telah tertanam pada periode yang paling panjang dalam sejarah yaitu : sejak tahun 636 Masehi hingga sekarang. Bangsa palestina telah mendiami wilayah palestina lebih dari 1.500 tahun sebelum kaum Yahudi membangun “ Negaranya yaitu Israel di atas Negara Palestina ( 1948 ). Sejak saat itu banyak dari penduduk palestina yang mengalami pengusiran, penganiayaan,dan pembunuhan, oleh kaum Zionis Yahudi. Umat muslim Palestina tidak lagi memperoleh hak – hak mereka sebagai warga Negara. Sahabat, Palestina adalah satu – satunya Negara di dunia yang hingga saat ini masih mengalami penjajahan secara tradisional oleh Israel.

Apakah kita hanya berdiam diri ketika melihat Saudara – saudara kita mengalami hal itu. Bukankah Islam adalah satu tubuh, ketika satu bagian merasa sakit, maka bagian tubuh lain akan merasa sakitnya juga.

Di posting oleh : Dorin Mutoif, Alumni poltekkes depkes yogyakarta Jurusan kesehatan lingkungan / JKL / AKL / kesling / Sanitasi
departemen kesehatan dan keselamatan kerja, universitas indonesia
munggu, petanahan, kebumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar